CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Jumat, 08 Mei 2009

Ibnu Musa Al-Khawarizm

Kata Aljabar diambil dari salah satu judul bukunya al-Jabr wal-Muqabala, tentang perhitungan linear dan kuadrat, bahkan kata Algoritma berasal dari penyebutan namanya sendiri, Algorizm.

Lahir dalam suasana kekhalifahan yang sangat mementingkan pendidikan, membuat Muhammad Ibnu Musa al-Khawarizmi (780-850) mendedikasikan waktunya di Bait al-Hikmah, Baghdad. Selain dijuluki sebagai bapak aljabar dan logaritma, banyak kalangan juga menyebutnya sebagai ahli matematika yang sangat berpengaruh sepanjang masa. Pada abad ke 12, beliau telah memperkenalkan pada dunia, sistem perhitungan desimal dan penyusunan daftar logaritma dalam sebuah tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus, tangen dan kotangen serta konsep diferensiasi. Karya Khawarizmi, al-Jabr wal-Muqabala digunakan sebagai buku matematika rujukan berbagai perguruan tinggi di Eropa.

Riset pengukuran yang dilakukannya di Sanjar dan Palmyra berhasil menentukan ukuran dan bentuk bundaran bumi yang kemudian melahirkan peta bumi yang kita kenal sebagai Globe.

“Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti.” (QS. Maryam: 94)

Kitab al-Jabr wal-Muqabala ditulis pada tahun 830

0 komentar: